Interaktif PR Digital
Interaktif/Electronic
Digital Public Relations adalah PR yang mampu menyebarkan informasi dengan
cepat dan menjangkau pengguna internet di belahan dunia manapun
Hal
ini tidak mengherankan, sebab jaringan internet terhubung satu sama lain yang
memungkinkan PR dapat saling berkomunikasi dalam bentuk chatting, memasuki website,
blog, facebook.
PR
dapat sukses mendukung bidang penjualan, termasuk menggalang dukungan
masyarakat dalam mengumpulkan dana.
Dan
pengertian lainnya mengenai Interaktif Digital PR adalah:
Hubungan
masyarakat interaktif (Interactive
Public Relations) adalah penggunaan perangkat dan teknologi internet yang
meliputi new media relation, blog, mesin pencari, Web 2.0 dan pemasaran
media sosial (social media marketing) untuk keperluan komunikasi dua arah
antara organisasi (atau perusahaan) dengan publik.
Aktivitas PR interaktif tidak hanya terbatas pada publikasi press release secara online atau membuat dan menulis di blog resmi organisasi, tetapi juga memanfaatkan setiap elemen yang dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan publik/pelanggan, dan pada saat yang sama memelihara pengaruh dari setiap kata-kata yang diucapkan.
Public
Relations secara interaktif memungkinkan organisasi atau perusahaan untuk
mempublikasikan informasi yang ingin mereka sebarluaskan dengan cepat dan
efisien tanpa harus tergantung pada saluran tradisional seperti media mainstream (surat
kabar, majalah, radio, TV). Kelebihan lain PR interaktif adalah memungkinkan
komunikasi langsung dan cepat antara organisasi dengan publik, pelanggan, dan
prospek (calon pelanggan).
Namun di sisi lain, kemampuan saluran internet dalam memberikan fasilitas komunikasi dua arah juga menimbulkan masalah tersendiri bagi organisasi. Umpan balik dari publik atau pelanggan belum tentu sesuai dengan yang diharapkan. Sering terjadi insiden di internet di mana organisasi atau perusahaan justru dipermalukan gara-gara kurang sensitif mengelola isu, salah ucap, atau salah menempatkan diri dalam situasi sosial di dunia maya.
Namun di sisi lain, kemampuan saluran internet dalam memberikan fasilitas komunikasi dua arah juga menimbulkan masalah tersendiri bagi organisasi. Umpan balik dari publik atau pelanggan belum tentu sesuai dengan yang diharapkan. Sering terjadi insiden di internet di mana organisasi atau perusahaan justru dipermalukan gara-gara kurang sensitif mengelola isu, salah ucap, atau salah menempatkan diri dalam situasi sosial di dunia maya.
Sumber :
http://inspirasihumas.blogspot.co.id/2011/03/interactive-public-relations-humas.html
Komentar
Posting Komentar