Interaktif PR Digital


Interaktif/Electronic Digital Public Relations adalah PR yang mampu menyebarkan informasi dengan cepat dan menjangkau pengguna internet di belahan dunia manapun
Hal ini tidak mengherankan, sebab jaringan internet terhubung satu sama lain yang memungkinkan PR dapat saling berkomunikasi dalam bentuk chatting, memasuki website, blog, facebook.
PR dapat sukses mendukung bidang penjualan, termasuk menggalang dukungan masyarakat dalam mengumpulkan dana.

Dan pengertian lainnya mengenai Interaktif Digital PR adalah:
Hubungan masyarakat interaktif (Interactive Public Relations) adalah penggunaan perangkat dan teknologi internet yang meliputi new media relation, blog, mesin pencari, Web 2.0 dan pemasaran media sosial (social media marketing) untuk keperluan komunikasi dua arah antara organisasi (atau perusahaan) dengan publik.

Aktivitas PR interaktif tidak hanya terbatas pada publikasi press release secara online atau membuat dan menulis di blog resmi organisasi, tetapi juga memanfaatkan setiap elemen yang dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan publik/pelanggan, dan pada saat yang sama memelihara pengaruh dari setiap kata-kata yang diucapkan.


Public Relations secara interaktif memungkinkan organisasi atau perusahaan untuk mempublikasikan informasi yang ingin mereka sebarluaskan dengan cepat dan efisien tanpa harus tergantung pada saluran tradisional seperti media mainstream (surat kabar, majalah, radio, TV). Kelebihan lain PR interaktif adalah memungkinkan komunikasi langsung dan cepat antara organisasi dengan publik, pelanggan, dan prospek (calon pelanggan).

Namun di sisi lain, kemampuan saluran internet dalam memberikan fasilitas komunikasi dua arah juga menimbulkan masalah tersendiri bagi organisasi. Umpan balik dari publik atau pelanggan belum tentu sesuai dengan yang diharapkan. Sering terjadi insiden di internet di mana organisasi atau perusahaan justru dipermalukan gara-gara kurang sensitif mengelola isu, salah ucap, atau salah menempatkan diri dalam situasi sosial di dunia maya.

Sumber :
http://inspirasihumas.blogspot.co.id/2011/03/interactive-public-relations-humas.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PR dan Komunikasi Digital

Pengukuran Efektivitas Kampanye PR Digital

Alat PR Digital