PR dan Komunikasi Digital

Diawal materi matakuliah "Digital Public Relations" ini kita diberikan bahan satu yang berjudul "PR dan Komunikasi Digital". Mari kita mulai dengan pengertian.

Apa sih PR itu? PR adalah proses interaksi dimana public relation menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, bertujuan menanamkan keinginan baik, kepercayaan saling adanya pengertian, dan citra yang baik dari publiknya

Sedangkan Komunikasi Digital adalah suatu alat yang mengkomunikasikan informasi-informasi digital dari dan ke perlengkapan lainnya. Salah satu keunggulan informasi digital adalah kecenderungan menjadi jauh lebih tahan akan salah transmisi dan interpretasi dari pada informasi yang disimbolkan alam suatu media analog.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang komunikasi digital ada mekanisme pengerjaannya dan media tersebut.

Mekanisme pengerjaan Komunikasi Digital yaitu,
  • Yang dimaksudkan dengan pengirim yaitu mencari informasi atau mengumpulkan informasi (wartawan atau jurnalis) yang secara teratur menuliskan berita atau suatu laporan dan tulisannya diterima atau dimuat media secara teratur dan,
  • Media itu dapat mempublikasikan dengan cara memuat di koran, majalah dan mempublikasikan lewat televise, radio maupun internet.
  • Penerima disitu adalah pembaca atau pengamat yang mendengarkan dan memahami isi dari suatu berita itu dan,
  • Ketika penerima sudah memahami, penerima itu akan memiliki suatu pendapat yang akhirnya bisa menjadi umpan balik untuk pengirim untuk mencari suatu informasi lagi.
Media Komunikasi Digital
  • Email
  • Milis
  • Chatting

Jika kita kaitakan dengan era jaman sekarang, di Indonesia sendiri dengan profil penguna internet yang berusia produktif, krisis dan berdaya beli tinggi, media digital khususnya digital public relations sudah tidak dapat dipandang sebelah mata bahkan sudah menjadi keharusan bagi perusahaan yang tidak ingin tertinggal di era informasi seperti sekarang.

Digital public relations mempunyai tujuan akhir mengintegrasi, mengamplifikasi dan mengaugmentasikan media tradisional yang sudah ada dan ketika berbicara mengenai Corporate Communications, maka kita akan berbicara mengenai Corporate Image, media digital sanggup menambah pengalaman tersebut secara lebih luas, lebih cepat, lebih banyak, lebih mudah dan lebih interaktif. Digital PR sanggup menyuguhkan pengalaman-pengalaman yang baru yang sebelumnya tidak dapat disajikan oleh media tradisional.

Salah satu solusi digital public relations adalah memaksimalkan keberadaan viral communication dan social networking seperti YouTube, Instagram, Twitter, Facebook dan juga Blog.
Dan seperti yang kita sudah tahu, Teknologi Komunikasi adalah alat atau sistem yang dapat meningkatkan kemampuannya berkomunikasi atau mempermudah proses penyampaian dan penerimaan pesan. Dampak dari kemajuan teknologi komunikasi berdampak bagi berbagai bidang. 

Perubahan arus globalisasi mengharuskan kita mengubah bentuk organisasi menjadi fleksibel, ramping dan tanggap terhadap perubahan lingkungan dunia usaha terutama sektor industry, beberapa hal harus diperhatikan oleh perusahaan untuk mempertahankan citra dari peristiwa terhadap isu-isu yang melanda perusahaan atau lembaga tersebut. Disinilah peran Public Relation sebagai jembatan atau penghubung aspirasi masyarakat berfungsi.

Dengan kemunculan teknologi informasi, seorang PR dapat menerima atau mengirimkan informasi lebih cepat dan mendapatkan feedback dengan cepat pula. Perkembangan Teknologi yang semakin pesat menyebabkan banyaknya penemuan yang dapat memudahkan aktivitas manusia. Kemajuan teknologi dapat membantu seseorang dalam mengatasi masalah yang mungkin muncul dari batas-batas jarak, ruang dan waktu.

Cepatnya teknologi yang berkembang membuat pola hidup masyarakatpun berubah. Masyarakat yang sebelumnya agraris berubah menjadi masyarakat industri moderen, dari lamban ke era yang serba cepat, dari berasas nilai sosial menjadi konsumeris materialistis, dari kehidupan tergantung dari alam hingga menguasai alam perkembangan teknologi membuat kehidupan di zaman globalisasi ini menjadi lebih mudah dan praktis.

Teknologi yang berkembang ini memberikan kemudahan terhadap berbagai profesi, salah satunya aktivitas Public Relation. Dalam era globalisasi peranan PR sangat diperlukan kinerjanya, perusahaan yang tidak memanfaatkan bidang tersebut bisa saja tertinggal karena tak menguasai perolehan dan penyebaran informasi. PR bukanlah fungsi manajemen yang dapat berdiri sendiri, bersama komunikasi pemasaran lainnya akan membentuk Intergreted Marketing Communications, merupakan cara yang paling efektif dalam mengkomsumsikan pesan-pesan utama kepada publiknya.

Nah sekarang tantangan praktisi yang harus dihadapi PR khususnya pada era kemajuan teknologi seperti saat ini adalah perannya sebagi pengelola hubungan, kepercayaan, ideologi perusahaan dengan lingkungan sekitarnya.

Sekian dulu materi satu pada minggu ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada minggu selanjutnya dan nantikan materi-materi yang lebih menarik dan bermanfaat.

Sumber :
http://belajar-komunikasi.blogspot.co.id/2010/12/pengertian-dan-definisi-public.html 
https://radcallista.wordpress.com/2012/12/16/pengaruh-kemajuan-teknologi-terhadap-pernanan-pr/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengukuran Efektivitas Kampanye PR Digital

Alat PR Digital