Blog PR Digital


Blog PR Digital
Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah Singkat Blog
Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs yang disebarluaskan pada Agustus 1999. Karena kepopuleran tersebut, Pyra Labs akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Fungsi Blog
Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Dalam perkembangan sekarang, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog. Untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.


Jenis-jenis blog

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

Internet adalah salah satu sumber informasi dimana dapat digunakan untuk segala aktivitas kehidupan, salah satunya blog. Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya bentuk aplikasi web menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum). Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Humas menggunakan blog sebagai alat manajemen yang merupakan bagian dari alat humas yaitu instutional advertising. Institutional advertising ini biasanya iklan yang bertujuan untuk memperkuat image dan awareness, yang berisikan tentang kontribusi perusahaan terhadap masyarakat, keberhasilan perusahaan, visi misi perusahaan, pelayanan masyarakat, dan sebagainya.

Biasanya humas juga menggunakan blog ini untuk bercerita mengenai perjalanan, memperkenalkan susunan direksi, dan sejarah perusahaan yang secara tidak langsung membentuk image yang baik guna memberikan citra positif atas kegiatan atau sumbangsih, dan gambaran secara umum tentang perusahaan terhadap masyarakat luas.

Berbagai permasalahan yang timbul, dapat diselesaikan dengan upaya PR agar keselarasan, saling pengertian, dan kepercayaan publik terhadap organisasi / perusahaan tetap dapat terpelihara. Keuntungan seorang PR menggunakan blog sebagai alat humas yaitu dapat dijangkau dimana dan kapan saja dengan mudah, serta dapat dipahami melalui koneksi internet tanpa harus mendatangi perusahaan tersebut untuk mengetahui lebih jelas dan rinci mengenai perusahaan yang dimaksud.

Resiko Kejahatan yang bisa ditimbulkan karena blog. Blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap

Kesimpulan
Blog PR Digital adalah alat yang digunakan oleh humas sebagai alat manajemen dan alat komunikasi. Melalui blog, seorang PR dapat mengetahui kritik dan saran ataupun komentar-komentar dari publik mengenai perusahaan tersebut yang dapat seketika itu PR dapat membalas segala macam bentuk pendapat, PR juga dapat langsung menepis akan tanggapan-tanggapan yang tidak baik disertai penjelasan yang kuat. Dari komentar-komentar tersebut, PR dapat menjadikan blog sebagai salah satu tolak ukur akan keberhasilan suatu perusahaan yang secara tidak langsung berhubungan dengan publik, karena dari hal tersebut dapat terlihat bagaimana citra yang sudah diciptakan di mata publik.

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Tanjungpura (UNTAN)


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PR dan Komunikasi Digital

Pengukuran Efektivitas Kampanye PR Digital

Alat PR Digital