Blog PR Digital
Blog PR Digital
Blog
adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website
yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat
tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog
biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa
penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Sejarah
Singkat Blog
Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs yang disebarluaskan pada Agustus 1999. Karena kepopuleran tersebut, Pyra Labs akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs yang disebarluaskan pada Agustus 1999. Karena kepopuleran tersebut, Pyra Labs akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Fungsi Blog
Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Dalam perkembangan sekarang, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog. Untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.
Jenis-jenis blog
- Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
- Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
- Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
- Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
- Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
- Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
- Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
- Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
- Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
- Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
- Blog agama: Membahas tentang agama
- Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
- Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
- Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
- Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
- Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
- Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
- Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
Internet adalah salah satu sumber informasi dimana
dapat digunakan untuk segala aktivitas kehidupan, salah satunya blog. Blog
merupakan singkatan dari web log yang artinya bentuk aplikasi web menyerupai
tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum).
Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua internet sesuai dengan
topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Humas menggunakan blog sebagai alat manajemen yang
merupakan bagian dari alat humas yaitu instutional advertising.
Institutional advertising ini biasanya iklan yang bertujuan untuk memperkuat
image dan awareness, yang berisikan tentang kontribusi perusahaan terhadap
masyarakat, keberhasilan perusahaan, visi misi perusahaan, pelayanan
masyarakat, dan sebagainya.
Biasanya humas juga menggunakan blog ini untuk
bercerita mengenai perjalanan, memperkenalkan susunan direksi, dan sejarah
perusahaan yang secara tidak langsung membentuk image yang baik guna memberikan
citra positif atas kegiatan atau sumbangsih, dan gambaran secara umum tentang
perusahaan terhadap masyarakat luas.
Berbagai permasalahan yang timbul, dapat diselesaikan
dengan upaya PR agar keselarasan, saling pengertian, dan kepercayaan publik terhadap
organisasi / perusahaan tetap dapat terpelihara. Keuntungan seorang PR
menggunakan blog sebagai alat humas yaitu dapat dijangkau dimana dan kapan saja
dengan mudah, serta dapat dipahami melalui koneksi internet tanpa harus
mendatangi perusahaan tersebut untuk mengetahui lebih jelas dan rinci mengenai
perusahaan yang dimaksud.
Resiko
Kejahatan yang bisa ditimbulkan karena blog. Blog sering digunakan untuk
menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun
merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang
terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker,
pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia
dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat
dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan
ditangkap
Kesimpulan
Blog PR Digital adalah alat yang digunakan oleh humas
sebagai alat manajemen dan alat komunikasi. Melalui blog, seorang PR dapat
mengetahui kritik dan saran ataupun komentar-komentar dari publik mengenai
perusahaan tersebut yang dapat seketika itu PR dapat membalas segala macam
bentuk pendapat, PR juga dapat langsung menepis akan tanggapan-tanggapan yang
tidak baik disertai penjelasan yang kuat. Dari komentar-komentar tersebut, PR
dapat menjadikan blog sebagai salah satu tolak ukur akan keberhasilan suatu
perusahaan yang secara tidak langsung berhubungan dengan publik, karena dari
hal tersebut dapat terlihat bagaimana citra yang sudah diciptakan di mata
publik.
Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Tanjungpura (UNTAN) |
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
Komentar
Posting Komentar